Monday, June 3, 2013

Menjadi Apakah Lulusan dari Program Studi Sistem Informasi Universitas Jember?


Lulusan dari ProgramStudi Sistem Informasi Universitas Jember ini nantinya akan menghasilkan Sarjana Sistem Informasi yang profesional untuk mengembangkan dan memanfaatkan perangkat teknologi informasi dan komunikasi dalam tugasnya sehingga mampu mengisi dan menciptakan peluang kerja di bidang teknologi informasi yakni menjadi Sistem Analis.

Apa itu Sistem Analis?

Sistem Analis adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.
Nama lainnya : system designer, business analyst, system consultant, system engineer, software engineer, sistem analyst programmer, information system engineer.

Apa bedanya dengan Programer?

Programer merupakan orang yang membuat program sehingga dia paling tahu tentang program yang dibuatnya sampai dengan induk program (sources code) dari program buatannya.

Sedangkan Sistem Analisis adalah orang yang hanya bisa menganalisa suatu program misalnya cara kerja ataupun mempelajari file anak (compailer) dari suatu program sehingga tidak dapat mengubah atau menambahkan fungsi tertentu kedalam program yang di analisa.

Jadi dapat dibayangkan Sistem Analis lebih tinggi dibanding Programer. Ibarat membangun sebuah rumah, Sistem Analis orang yang merancang seperti apa bentuk rumah yang akan dibangun, sedangkan Programer adalah tukang yang membangun rumah tersebut.
Akan tetapi kita sebagai Sistem Analis juga harus mengerti tentang coding, sehingga tidak mudah ditipu oleh Programer.

Related Post:

No comments :

Post a Comment